Different Types Of Peace Symbol

Jumat, 21 Desember 2012

Tips Merawat Monitor Komputer



Clean MeMonitor atau layar komputer merupakan salah satu hardware yang penting. Saat ini, terdapat berbagai jenis monitor yang tersedia di pasaran, antara lain monitor CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode)
Monitor jenis CRT sekarang ini sudah banyak ditinggalkan karena teknologinya yang sudah mulai usang dan tentunya karena tidak hemat energy dibandingkan monitor dengan teknologi baru. Monitor LCD dan LED mulai banyak digunakan beberapa tahun belakangan karena ukurannya yang ramping, praktis dan hemat energi.

Meski begitu, monitor LCD dan LED memiliki permukaan yang lebih sensitif dan mudah tergores dibandingkan monitor CRT sehingga diperlukan perawatan yang lebih.
Perawatan monitor diperlukan untuk menjadikannya tetap dalam kondisi optimal dan tentunya agar awet dan tahan lama. Langkah terpenting dalam merawat monitor komputer adalah dengan membersihkannya secara berkala. Ketika melakukan pembersihan layar monitor, pastikan komputer dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan listrik.

Tips Penting Perawatan Monitor

  • Karena permukaan monitor CRT bebahan dasar kaca, maka kamu bisa membersihkannya dengan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar dan gunakan kain halus atau tissue untuk menyeka permukannya.
    Cairan pembersih monitor
  • Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar untuk LCD dan LED karena dapat menyebabkan warna kekuningan.
  • Jangan menutup ventilasi/ lubang sirkulasi udara monitor dengan meletakkan benda apapun diatasnya.

Cara Membersihkan Monitor

  • Siapkan perlengkapan bersih-bersih, yaitu kain halus/ tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
    LCD Cleaner
  • Pastikan komputer dalam keadaan mati dan putuskan setiap daya yang tersambung ke aliran listrik. Lepas kabel power supply dan koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, Ethernet dan kabel lainnya.
  • Proses pengelapan dengan kain halus atau tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
    Bersihkan monitor
  • Jangan meletakkan monitor dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar seperti televisi, speaker, tape dan lainnya karena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang menggangu tampilan layar monitor itu sendiri.
  • Jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung.
  • Bagian pinggir monitor dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna (umumnya berbahan dasar silicon) namun hati-hati agar tidak sampai terkena layar monitor itu sendiri.

Ditulis Oleh : uky bilmona ~kalau ada link yang mati,tolong infonya,

Artikel Tips Merawat Monitor Komputer ini diposting oleh uky bilmona pada hari Jumat, 21 Desember 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar